Pembelajaran aktif kali ini ciri khas, pembelajaran yang di kembangkan pada Program PINTAR

 Materi, malam ini tentang Pembelajaran Aktif. 

Ya...Pembelajaran aktif?, pasti  tidak asing bagi Ibu/bp. 

Tapi pembelajaran aktif kali ini ciri khas, pembelajaran yang di kembangkan pada Program PINTAR. Tanoto Foundation. Bagaimana Ibu/Bp siap?

Karena tema kita belajar aktif, tentu syaratnya... 

tidak pasif...🤭 Ibu/Bp boleh bertanya, menyanggah, komen dll, termasuk ikut berbagi dan berpartisipasi....OK✋

Apa itu Program PINTAR. Tanoto Foundation? Ibu/bp bisa lihat di portalnya. 

Yang penting kita fokus, tentang apa-apa yang dilatihkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Bagi Ibu/bp guru dari sekolah mitra dan fasilitator TF, yang juga tergabung di kanal edu, bisa ikut berbagi supaya lebih optimal.

Sengaja, untuk malam ini tidak langsung contoh praktik terlebih dahulu,  supaya pemahaman lebih komprehensif, dan dapat di manfaatkan dalam berbagai keadaan. Termasuk menghadapi tantangan pandemi tahun ini. Paling tidak Ibu/Bp mengenal unsur-unsur belajar aktif.

Ibu/bp keluarga edu  yang berbahagia, praktik pembelajaran aktif  yang biasa dilatihkan, di TF ada 3 bagian (modul I ada 6 unit, modul II ada 5 unit dan modul 3) bagian pertama saya sampaikan malam  ini. 

Secara ringkas, ada 4 aktivitas belajar yang dikategorikan siswa aktif yang berdampak memberi pengalaman belajar pada peserta didik, Aktivitas:

1. Mengalami (M)

2. Interaksi.     ( I )

3. Komunikasi (Ki)

4. Refleksi.       (R)

Kemudian kita akronimkan MIKiR

Catatan 1:

â—‹Aktivitas MIKiR bukan sintak, bukan urutan

â—‹Aktivitas MIKiR pada praktik pembelajaran, saling terkait, tidak bisa di pisah pisahkan, bisa jadi satu aktivitas tercakup dalam MIKiR

Sekedar, cek konsentrasi, saya share lembar kerja yah...

Menurut ibu/bp. aktivitas siswa yang masuk kategori  MENGALAMI untuk materi IPS kira2 apa saja ya?...tolong di tuliskan ibu/bpk

Mengalami: siswa 'harus' melakukan sendiri supaya punya pengalaman langsung. Guru menggerakkan mereka dengan LK. untuk LK yang menggerakkan siswa (mental, fisik, intelektual) kita bahas waktu yad👍

yang masuk aktivitas kategori  INTERAKSI?


yang masuk aktivitas kategori  KOMUNIKASI?

yang masuk aktivitas kategori  REFLEKSI?


Kita identifikasi, kita bayangkan yang akan dilakukan siswa dalam pembelajaran, kita analisis pengalaman belajar yang di peroleh siswa

setelah Ibu/bp terampil mengidentifikasi unsur-unsur belajar aktif, saatnya ibu/bp mulai membuat skenario pembelajaran berbasis MIKiR. 

Skenario pembelajaran SATU halaman telah dikenalkan program PINTAR lebih dari 3 tahun yll.

Catatan 2:

â—‹Belajar aktif, tidak boleh terjebak euforia senang-senang/ asyik yang tidak bermakna

â—‹skenario belajar aktif, harus menyenangkan, melibatkan aktivitas fisik, mental dan intelektual

○Aktivitas intelektual, mempertimbangkan kualitas aktivitas ( dalam program PINTAR…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak dan Luas Indonesia

Aktivitas penduduk di dataran rendah Indonesia

Beberapa tipe siswa yang wajib diketahui oleh sang pendidik ketika mengerjakan soal - soal test.