Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 29, 2017

METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY)

Gambar
Guru yang profesional dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, mempunyai ciri-ciri yaitu memahami dan mampu menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran. Penggunaan bermacam-macam metode pembelajaran dapat meningkatkan kualitas berpikir dan kreatifitas para siswa.   Salah satu indikator dalam keberhasilan guru dalam pembelajaran adalah adanya perubahan sikap yang lebih baik pada siswa setelah mengalami proses pembelajaran, sehingga untuk dapat mencapai indikator tersebut, guru perlu merencanakan suatu metode pembelajaran yang didalamnya melibatkan keaktifan siswa. Metode pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa adalah metode penemuan ( discovery ) atau penyelidikan ( inquiry ). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode inkuiri terbimbing ( Guided Inquiry ). Inkuiri yang dalam bahasa inggris “ inquiry ” mempunyai arti pertanyaan, pemeriksaan, atau penyelidikan. Metode  Guided Inquiry  berarti suatu kegiatan belajar yang melibatkan seluruh...
DEFINISI KARAKTER 01:45 Definisi Karakter  - Menurut bahasa,  karakter  adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi,  karakter  adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenai  karakter  seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu. Dilihat dari sudut pengertian, ternyata  karakter  dan akhlak tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya didefinisikan sebagai suatu tindakan yang terjadi tanpa ada lagi pemikiran lagi karena sudah tertanam dalam pikiran, dan dengan kata lain, keduanya dapat disebut dengan kebiasaan.  Mekanisme Pembentukan Karakter 1. Unsur dalam Pembentukan Karakter Unsur terpenting dalam  pembentukan karakter  adalah pikiran karena pikiran, yang di dalamnya terdapat seluruh program yang terbentuk dari pengalaman hidupn...

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

Menurut  Yusufhadi Miarso (2004), efektivitas pembelajaran adalah yang menghasilkan belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi para mahasiswa, melalui prosedur pembelajaran yang tepat.   [1]  Miarso melanjut bahasan tentang definisi dengan menyatakan, efektivitas pembelajaran seringkali diukur  dengan tercapainya tujuan pembelajaran, atau ketepatan dalam mengelola suatu situasi. [2]  Beberapa hal yang terkandung dalam definisi ini, yakni efektivitas pembelajaran merupakan kegiatan edukatif yang memiliki cirri, yaitu (1) beristem (sistemik), yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, penilaian, dan penyempurnaan. (2) sensitive terhadap kebutuhan akan tugas belajar dan kebutuhan pembelajar. (3) kejelasan akan tujuan dank arena itu dapat dihimpun usaha untuk mencapainya. (4) bertolak dari kemampuan atau kekuatan peserta didik, pendidik, masyarakat, dan pemerintah. [3] Menurut Astim Riyanto (2003), efektivitas pembelajaran diartikan berh...